Fly Me to The Moon,” lagu ikonik yang dipopulerkan oleh Frank Sinatra, telah lama menjadi bagian dari budaya pop, terutama yang berkaitan dengan ruang angkasa. Namun, beberapa teori konspirasi menyebut bahwa lagu ini, bersama dengan berbagai elemen budaya lainnya, mendukung narasi bahwa pendaratan di bulan oleh NASA pada tahun 1969 adalah tipuan belaka.

Fly Me to The Moon Dukung Teori Konspirasi Pendaratan

Teori ini mencakup klaim bahwa NASA memalsukan pendaratan untuk memenangkan Perlombaan Antariksa melawan Uni Soviet. Pendukung teori ini sering menunjukkan “ketidakberesan” dalam foto dan video misi Apollo sebagai bukti.

“Fly Me to The Moon,” meskipun merupakan lagu cinta yang romantis, telah dikaitkan dengan teori konspirasi ini oleh beberapa pihak. Mereka berpendapat bahwa popularitas lagu tersebut pada era 1960-an merupakan bagian dari upaya untuk memanipulasi opini publik agar percaya pada kemungkinan pendaratan di bulan.

Klaim bahwa “Fly Me to The Moon” mendukung teori konspirasi pendaratan di bulan sangat lemah dan tidak berdasar. Lagu ini ditulis oleh Bart Howard pada tahun 1954, jauh sebelum misi Apollo 11 direncanakan. Lagu tersebut tidak memiliki hubungan langsung dengan NASA atau program luar angkasa Amerika Serikat.